Menurut Richard S Lazarus Stres adalah suatu kondisi atau perasaan yang dialami ketika seseorang merasakan bahwa “tuntutan melebihi sumber daya personal dan sosial individu” Singkatnya, stress itu apa yang kita rasakan ketika kita berpikir kita telah kehilangan kontrol atas suatu peristiwa.

Ketika organisme mengalami stress, maka organism dengan cepat melepaskan hormon yang membantu untuk bertahan hidup. hormon ini memicu kita untuk berjalan lebih cepat dan berjuang lebih keras, meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, memicu untuk berkeringat agar otot tetap efisien, memusatkan perhatian kita pada ancaman itu, dengan mengesampingkan segala sesuatu yang lain.

Sayangnya mobilisasi untuk bertahan hidup juga memiliki konsekwensi negative. Dalam kondisi demikian kita bersemangat, cemas, gelisah dan mudah tersinggung. Ini sebenarnya mengurangi kemampuan kita untuk bekerja secara efektif dengan orang lain. Dengan gemetar dan hati berdebar-debar, kita dapat menemukan kesulitan untuk mengeksekusi tepat, membuat penilaian dan mengendalikan keterampilan.
Karena stress selalu ada dan tidak bisa dihilangkan. Dalam pelatian ini peserta akan dilatih untuk terampil mengelola stres. karena individu yang terapil mengelola stress terbukti terbantu untuk tetap tenang dan efektif dalam situasi tekanan tinggi, dan keterampilan mengelola stress dapat membantu seseorang menghindari masalah stres jangka panjang.

The Holmes and Rahe Stress Scale
Untuk mengetahui tingkat stress yang anda alami silahkan klik link berikut :
The Stress Scale

Advertisements