Tags

Netpreneur Tips

Internet adalah dunia yang berdetak tanpa henti, perkembangannya begitu cepat dan mengejutkan. Untuk eksis berkecimpung dalam dunia maya, terdapat kiat-kita khusus yang kudu Anda jadikan sabuk pengaman, jika Anda tidak ingin terkapar dalam kegagalan. Berikut kita-kiat jika Anda ingin ikut nimbrung merajut gurihnya bisnis online.
1. Tetap Fokus dan Fokus

Apa sih bisnis yang tidak ada di Internet..?  hampir semuanya bisa ditemukan di internet, walaupun sifatnya hanya informasi saja. Karena beragamnya model dan banyaknya bisnis online maka hal yang paling penting adalah focus dalam kolidor bisnis yang sudah Anda pilih. Jangan pernah tergiur untuk mencoba yang lain. Jalankan usaha online Anda yang sudah anda pilih dan tetep fous menjalankannya, karena berlalunya waktu bisnis Anda akan semakin besar dan dikenal oleh user. Fokus, fokus dan tetep fokus.

2. Rebutlah Kepercayaan Konsumen.
Bisnis online sangatlah rentan dengan penipuan. Hal ini dikarenakan karena mudahnya anonim/orang yang tidak dikenal menduplikasi figur, materi baik produk/jasa Anda dan website Anda. Dan oleh karena konsumen tidak bisa langsung menerima produk/jasa yang dibeli mereka harus melakukan pembayaran terlebih dahulu,  maka konsumen sangat butuh kredibilitas dan kejujuran tingkat tinggi kepada Anda. Untuk menanamkan kepercayaan kepada konsumen bisa Anda lakukan dengan menunjukkan identitas anda dengan jelas. Tampilakn profil Anda, Foto dan Alamat Lengkap Anda. Kalau perlu tampilkan foto rumah dan foto keluarga biar lebih afdhol. Yang kedua bagun group/komunitas online yang akan menjadi pangsa pasar potensial produk Anda di FB. Ketiga kenalilah  konsumen lebih dekat dengan mengadakan kopi darat dll. Ketiga bergabung di milis-milis terkait serta menghadiri pameran-pameran atau kopi darat intinya jadilah Anda dikenal dalam dunia maya. Keempat tampilkan Testimoni dari konsumen beserta list konsumen kakab.

3. Promosi dan promosi
Bisnis tanpa promosi bisa diibaratkan raga tanpa nyawa, begitulah ritual promosi harus menjadi tradisi utama dalam membangun budaya kerajaan bisnis Anda. Promosi bisa dilakukan secara online  cara termudah adalah mengenalkan webblog Anda kepada teman-temen di facebook dan twitter dan melalui email. Anda cukup menautkan link blog anda di wall facebook dan twitter jika temen-temen Anda ikut meng share/ meRT tautan anda maka ini merupakan berkah bagi Anda, karena semakin banyak terpublikasikan di berbagai media peluang orang berkunjung ke blog anda semakin banyak. Sering-seringlah berkomentar di website yang sudah jelas pembacanya. Pasang iklan gratis. Gabung dengan komunitas-komunitas blogger dan komunitas-komunitas bisnis. Pasang iklan di google adwords media iklan yang disediakan oleh pihak google. Pasang iklan di website pendukung seperti tokobagus, kaskus, dll. Gunakan mesin pengiriman sms gratis untuk mengenalkan website anda kepada temen-temen Anda. promosi offlinepun juga penting, misalnya membuat stiker yang menarik yang didalamnya terpampang nama website Anda. Stiker tersebut Anda bisa bagikan secara gratis kepada beberapa supir angkot untuk ditempelkan di pintu angkotnya. dengan begitu akan banyak penumpang yang lihat bukan..?

4. Ciptakan Afiliasi/ Leverage
Untuk menguasai cerukan pasar yang begitu besar,  saya yakin Anda tidak bisa melakukannya sendirian. Dengan pangsa pasar yang sangat luas Anda butuh banyak dukungan. Untuk itu manfaatkanlah reseller/affiliasi baik dalam bentuk agen/dealer untuk memperluas jaringan pemasaran Anda dan demi kesinambungan kesuksesan bisnis.  Internet memungkinkan Anda melibatkan banyak orang untuk bergabung memasarkan produk Anda dengan cepat dan gratis.

5. Riset dan Inovasi
Seorang Netpreneur harus melek data. Informasi mengenai data perilaku konsumen mendatang sangat penting untuk pengembangan produk/jasa Anda.  karena anda bermain di media yang berdetak dan berubah tiap saat Anda harus dapat bergerak lebih cepat  sepuluh kali lipat lebih cepat dari pada pemain konvensional,  inovasi merupakan ritual rutin yang kudu Anda jalani, Inovasi memang kudu di-dendangkan dengan penuh lengkingan. Sebab, sejarah mungkin akan begitu garing tanpa karnaval inovasi yang terus menghentak dan menari.

Nah itulah lima tips  yang wajib Anda lalukan jika Anda ingin bisnis yang sedang Anda bangun berkibar dalam kemenangan dalam percaturan bisnis online yang semakin massive.

Manfaatkan Blog Anda sebagai mediaiklan/mesin pencetak duit, Gabung di Kumpulblogger.com

Advertisements