Siapapun diri Anda, pasti pernah merasa gugup, cemas dan  takut ketika harus memberikan presentasi didepan umum.  Apalagi jika audiennya membludak. Kondisi demikian pernah saya alami sendiri, bagaimana saya harus memberikan presentasi di hadapan sekitar 650 audien, 3 hari menjelang acara saya mengalami gangguan tidur, 3 jam menjelang presentasi saya bolak-balik ke kamar kecil.  Jika ada pilihan, saya lebih memilih memindahkan gunung sendirian daripada bicara di depan public sebanyak itu.

Kenapa berbicara di depan umum begitu amat sangat menakutkan,  apakah ketakutan ini manusiawi ..?  yah memang ternyata demikian.  Hasil dari sebuah riset; berbicara di depan umum adalah aktifitas yang paling menakutkan bagi semua orang setelah takut akan kematian.  Gubrak…..

Lalu apa hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari ketakutan tersebut..? tidak lain tidak bukan hanyalah meminimalisir ketakutan, kecemasan dan kegugupan tersebut ketika harus memberikan presentasi didepan umum.  Alih-alih memberikan presentasi yang memukau bagaimana caranya meminimalisir ketakutan, kecemasan dan kegugupan itu.  Jawabannya cukup mudah. Anda harus menguasai materi dan teknik dalam memberikan presentasi.  Itu tok.

Dan untuk  menguasai materi dan teknik dalam memberikan presentasi yang memukau, saya menemukan ebook yang ekselen yang ditulis oleh Muhammad Noer, tebal ebook ini 292 page dan kabar gembiranya ebook ini diberikan secara gratis, jazakaAllah  Pak Muhammad Noer moga tambah bahagia dunia akhirat.

Dalam ebook tersebut Anda akan diajak belajar memahami keinginan audien, menghadapi rasa takut, menyusun presentasi dan mempersiapkan teknis presentasi, intinya Anda akan diajak bagaimana cara membuat presentasi yang menyakinkan, mudah diingat, memukau, komunikatif dan inspiratif.

Jika Anda berhasil dalam memberikan presentasi, berarti Anda berhasil menyampaikan pesan Anda, Anda berhasil menyampaikan pikiran dan gagasan Anda secara efektif.  Ketika tidak berhasil, pikiran dan ide-ide yang Anda sampaikan tidak mencerminkan diri Anda sendiri, menyebabkan gangguan komunikasi dan menciptakan hambatan yang menghalangi tujuan Anda – baik secara pribadi dan profesional.

Untuk download ebook GRATIS  KLIK DISINI

Advertisements